Air terjun unik

Salah satu tempat untuk mencari inspirasi adalah alam terbuka. Bagi sebagian orang, memandangi tingginya gunung, luasnya hamparan laut dan kemegahan air terjun merupakan hal yang mengagumkan dan sulit diungkapkan namun sangat memberikan inspirasi. Dalam kesempatan ini, old.uniknya.com mengajak Anda untuk melihat-lihat air terjun terindah yang ada di dunia. Semoga artikel ini dapat mengajak Anda untuk lebih mengenal lagi tempat di mana kita berada, yaitu Bumi. Berikut 5 air terjun inspiratif dan mengagumkan versi old.uniknya.com:

 

1.    Detian

 

Detian (Sumber: wordpress.com)

Detian (Sumber: wordpress.com)

 

Air terjun Detian merupakan pemandangan yang cukup berkesan dan menjadi salah satu pembatas antara Cina dan Vietnam. Air terjun ini berketinggian 50 meter dan memiliki tiga anak tangga dan memiliki lebar 80 meter sehingga menjadikan tempat ini sebagai pemandangan yang spektakuler. Air terjun ini berlokasi di Sungai Guising di antara propinsi dua negara dan memiliki lingkungan tersubur di antara air terjun yang ada di dalam daftar air terjun di artikel ini. Mata dan perasaan akan dimanjakan oleh perbandingan antara perkebunan padi yang sangat hijau di Vietnam dengan air terjun yang berwarna biru keputih-putihan ini.

 2.       Sutherland

 

Sutherland (Sumber: wordpress.com)

Sutherland (Sumber: wordpress.com)

 

Air Terjun Sutherlan terletak di sebelah selatan Milford Sound, yang disebut sebagai air terjung paling terkenal di Selandia Baru. Air Terjun Sutherland memiliki ketinggian 580m, dan untungnya kedalamannya tidak terlalu dangkal. Air terjun Sutherland yang mengguruh ini mengingatkan kita akan betapa tinggi air terjun tersebut plus isi air terjun yang sangat cukup. Para turis berpendapat bahwa suara gemuruh tersebut lebih memekikkan telinga dibanding air terjun lain yang pernah mereka kunjungi.

 3.       Jim Jim

Jim Jim (Sumber: wordpress.com)

Jim Jim (Sumber: wordpress.com)

 

Dengan air terjun Jim Jim, kita secara perlahan menantang wilayah sekitar air terjun klasik berbentuk segi empat tersebut, dengan hamparan kuat dari air yang jatuh ke satu pusat. Air terjun ini berketinggian 150 meter dan airnya terjun langsung dari tebing curam Kakadu National Park, berlokasi di Wilayah Utara Australia. Pemandangan ini akan terlihat sangat indah selama musim hujan dari Desember sampai Maret. Bersama dengan air hujan, air terjun ini muncul langsung dari dataran yang lebih tinggi dengan kekuatan yang fantastis. Sayangnya selama musim kering, air terjun ini benar-benar berhenti.

 4.       Rhine

Rhine (Sumber: wordpress.com)

Rhine (Sumber: wordpress.com)

 

Air terjun Rhine ini memiliki pemandangan yang unik. Anda bisa melihat pemandangan buram yang dihasilkan oleh alam di sekitar air terjun ini seperti yang terlihat pada gambar. Membutuhkan waktu untuk memastikan darimana air terjun ini berasal dan berujung karena air terjun ini mengaburkan mata Anda dengan sungai Rhine dan tidak tampak medan yang ada pada puncaknya karena isi keseluruhan air tersebut menutupnya. Air terjun ini hanya memiliki ketinggian 23 meter, namun lebarnya adalah 150 meter, dan bersama dengan besarnya arus air. Ada juga beberapa daratan pemandangan dimana Anda bisa mengamati air terjun ini dari dekat, sehingga pemandangan ini semakin terlihat mengagumkan.

 5.       Montmorency

 

Montmorency (Sumber: wordpress.com)

Montmorency (Sumber: wordpress.com)

 

Amerika Serikat dan Kanada memiliki banyak kesamaan. Salah satunya adalah bahwa kedua negara tersebut adalah pemilik air terjun yang fantastis. Air terjun Montmorency dapat disebut sebagai air terjun terbaik di Kanada setelah Nigeria dengan air terjun yang berketinggian 275 kaki dan lebar 150 kaki. Hal yang berlaku juga sama dengan pemandangan yang mengagumkan dari air terjun yang berada di Sungai Montmorency di Quebec ini. Sayangnya atau untungnya, taman yang dibuat disekitar air terjun ini membuat air terjun ini mudah diakses, lengkap dengan fasilitas-fasilitas yang dapat membuat pengunjung lebih mudah untuk melihat pemandangan tersebut. Fasilitas tersebut juga mencakup jembatan kecil di seberang air terjun dan sebuah mobil kabel yang membawa Anda naik turun di air terjun tersebut. Pendekatan ramah pengunjung ini mengurangi beberapa pengunjung yang lebih menyukai tantangan dari kecantikan pemandangan yang hampir tidak bisa diakses dan tersembunyi di lokasi yang jauh.

 

 6.    Tis Issat

Tis Issat (sumber: wordpress.com)

Tis Issat (sumber: wordpress.com)

 

Air terjun Tis Issat di Etiopia dikenal sebagai Air Terjun Nil Biru dan merupakan sebuah contoh kekuatan dari sungai Nil, yang merupakan sungai terpanjang di dunia. Karena dibangunnya sebuah bendungan hidroelektrik, air terjun disana benar-benar mengering di musim kering yang hanya menyediakan sedikit pemandangan meek – sebuah fenomena biasa di seluruh dunia dimana bendungan-bendungan dibuat. Namun pada musim hujan, air terjun tersebut benar-benar menyerang dan dapat menjadi air terjun dengan lebar 400 meter. Tinggi dari Air Terjun tersebut antara 37 sampai 45 meter dan ada beberapa wedge (ganjal) medan yang membelah hamparan air terjun tersebut.

 7.    Skofagoss

  Skofagoss (sumber: wordpress.com)

Skofagoss (sumber: wordpress.com)

 

Air terjun Skofagoss terIetak di Islandia dan merupakan air terjun terlancar di dalam daftar artikel ini karena air terjun ini mengalir dengan sempurna dan memiliki bentuk yang segi empat yang bersudut sempurna yaitu lebar 25 meter dan tinggi 60 meter. Tidak ada bebatuan atau punggung bukit yang memisahkan arus atau menghasilkan arus air yang bermacam-macam yang akhirnya cukup dekat untuk bercampur dan memberikan gambaran air terjun yang besar.

 8.    Gokak

Gokak (sumber: wordpress.com)

Gokak (sumber: wordpress.com)

 

Air terjun Gokak terletak di Propinsi Karnataka, India. Tak diragukan lagi, Karnataka adalah provinsi air terjun terbaik Asia Selatan dengan jumlah air terjun yang banyak. Air terjun ini menghujam ke bawah dari banyak jurang dan menciptakan halimun dalam jumlah banyak. Air dari Gokak berwarna cokelat yang menandai perbedaan dengan air terjun besar lainnya, dan air terjun ini memiliki tingg 50 meter, dan lebih 177 meter. Pembangunan bendungan hidroelektrik telah membatasi arus air terjun ini, namun pada musim hujan, air terjun menakutkan ini menjadi sangat deras.

 9.    Kalandula

Kalandula (sumber: wordpress.com)

Kalandula (sumber: wordpress.com)

 

Air terjun Kalandula memiliki ketinggian 104 meter dan lebar 400 sampai 600 meter tergantung arus airnya. Harta kaum Angola ini dapat tampak sama dengan Air Terjun Tis Issat dengan arus yang terdiri dari terjunan-terjunan panjang membenang yang bersama-sama membentuk sebuah hamparan air terjun, yang memperlihatkan bubung-bubung cokelat di antaranya. Namun air terjun ini memiliki ketinggian dua kali lipat dari Tis Issat. Air terjun ini merupakan air terjun terbesar kedua milik Afrika setelah Air Terjun Victoria.

 10.    Kaieteur

  Kaieteur (Sumber: wordpress.com)

Kaieteur (Sumber: wordpress.com)

 

Terletak di Guyana, Air Terjun Kaieteur memiliki ketinggian 221 meter dan lebar 100 meter. Arusnya selancar yang pernah Anda bayangkan tanpa hambatan apa pun, air terjun ini memproduksi halimun yang berlimpah-limpah, dan tidak ada air terjun yang seproduktif Air Terjun Kaieteur perihal ketinggian lebih dari 200 meter. Air Terjun Kaieteur memiliki keistimewaan-keistimewaan yang dapat menyita perhatian Anda dan harus lebih sering disebut ketika kita berbicara tentang air terjun inspiratif yang paling mengagumkan di dunia.(**)

 

Sumber: uniknya.com


PlazaUnik © 2017